Merdeka Belajar Jadi Wadah Salurkan Potensi Guru

Program Merdeka Belajar baru saja diluncurkan melalui Kemendikbudristek RI Nadiem Makarim. Program ini menggebrak beberapa teknis sistem pendidikan dan menuntut sekolah agar memaksimalkan sumber daya dengan terintegrasi berbasis digital oleh tenaga profesional.
Demi mendukung program Merdeka Belajar peran guru tentu sangatlah besar. Guru menjadi tangan pertama dari bahan ajar yang disampaikan kepada siswa. Oleh karena itu, peningkatan kualitas siswa harus diiringi dengan peningkatan kualitas tenaga pendidik.
Kualitas dan kapabilitas para guru harus dipastikan dengan baik agar pencapaian akhir dari Merdeka Belajar dapat terwujud. Program peningkatan kualitas guru untuk mewujudkannya yaitu Guru Penggerak. Guru Penggerak mempunyai tempat pelatihan berbentuk sekolah. Program ini memiliki penekanan pada pelatihan mentorship dan kepemimpinan agar guru yang mengikuti pelatihan, mampu membantu guru-guru lain di kemudian hari.

Wakil Sekjen PGRI Jejen Musfah mengatakan antusiasme guru penggerak luar biasa. Menurutnya para guru di Indonesia memiliki potensial, kreativitas dan sangat adaptif di masa pandemi ini dengan pembelajaran jarak jauh. Jejen menilai adanya program merdeka belajar menjadi wadah untuk para guru menyalurkan potensi mereka.

More videos at video.medcom.id/​​
Follow us on social media:
Facebook: medcomid/​​
Twitter: medcom_id​​
Instagram: medcomid

Komentar

    Berikutnya